February 27, 2012

Kesuksesan Milik Semua Orang

Oleh:  Bayanuddin
Sahabat Blogger, Cara Sukses Memang sangat Banyak, Kesuksesan adalah milik semua orang. Salah satu ajaran Rasululah Saw. Yang berkaitan dengan menejemen diri adalah menjadi orang sukses. Dengan membiasakan diri untuk tidak bermental pengemis
Dalam hadist yang riwayatkan Abu Daud, Nasa’i dan Tarmizi, dikisahkan bahwa sorang laki-laki dari golongan Anshar yang sukses datang menghadap Rasulullah Saw. Ia memohon agar Raulullah memberinya sesuatu untuk di makan.
“Memangnya, kamu tidak mempunyai sesuatu  di rumah ?” Tanya Rasulullah.
Tentu saja ada, wahai Rasulullah. Saya masih mempunyai sehelai kain yang sebagiannya kami pakai dan sebagiannya kami hamparkan, serta sebuah gelas besar tempat kami minum air.” Jawab laki-laki itu.
Rasulullah berkata:"mau jadi orang Sukses ? Tentu: "jawab laki-laki Anshar itu, kemudian Rasulullah menyuruhnya membawa dan memperlihatkan barang-barang itu kepadanya. Setelah itu, laki-laki Anshar yang ingin sukses itu membawa  barang dan menyerahkannya kepada Rasulullah.
“Siapa yang akan membeli barang-barang ini ?” Tanya Rasulullah kepada para shahabat.
Seorang laki-laki berkata, “Aku Berani dengan harga satu dirham.”

Rasulullah menimpalinya, “Siapa yang akan menambah lebih dari satu dirham !” seru seorang shahabat yang lain.
Kemudian Rasulullah memberikan dua barang tersebut kepada shahabat penawar terakhir dan mengambil dua dirham tersebut, lalu menyerahkannya kepada lelaki yang ingin sukses  itu. “Belikan makanan dengan satu dirham ini, lalu berikan kepada keluargamu dan belikan sebuah kampak dengan satu dirham yang lainnya; kemudian bawalah kampak tersebut kepadaku.”
Si laki-laki itu bergegas melakukan semua yang diperintahkan Rasulullah Saw. Ia menyerahkan kampak yang baru dibelinya kepada beliau. Setelah itu, Rasulullah memberikan tangkai kampak tersebut, lalu bersabda, “Pergi dan carilah kayu bakar, kemudian juallah. Aku tidak ingin melihatmu selama 15 hari !”
Setelah mengerjakan perintah Rasulullah Saw. Itu datanglah laki-laki Anshor itu kepada Rasulullah dengan membawa 10 dirham, kemudian membeli makanan dengan sebagian dari uang itu.
“Hai laki-laki yang Sukses, "Ini lebih baik bagi kamu daripada meminta-minta,” Ujar Rasulullah.. “Meminta-minta hanya akan menjadi noda di wajahmu pada hari kiamat nanti”.

Sahabatku ada 3 hikmah yang sangat penting dari kisah di atas, yaitu:
1.       Orang Sukses itu menhindari sikap meminta-minta, sebab bias melemahkan kegigihan jiwa untuk menghadapi hidup
2.      Orang Sukses itu mengisi perutnya dengan hasil keringat sendiri agar halal, prestatif, bukan halal karena belas kasihan orang lain.
3.      Orang Sukses berani menghadapi resiko psikologis dengan memberikan rentang waktu bersikap gigih, pantang merengek
Jika kita telah menemukan fakta kesuksesan tersebut, kita tidak lagi berpuas diri dengan hanya menumpang lewat pada lautan kehidupan yang penuh badai menyenangkan ini dan luar biasa indahnya jika kita terus mencari dan mencari sukses, kebahagiaan dan kedamaian bathin untuk diri sendiri dan orang lain.
Jangan takut sukses, sekali lagi jangan takut sukses yang perlu anda takuti, kesuksesan itu yang takut datang kepada anda. Semoga bermanfaat.
Dikutip dari : Muhammad Nazhif Masykur "Living Smart" 

MobGold Banner 468x60



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda Tinggal Komentar Di Sini